Minggu, 28 Oktober 2012

PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI


Dalam memahami proses akuntansi, ada baiknya untuk memahami persamaan dasar akuntansi. Persamaan dasar akuntansi dibangun pemahaman antara hak dan kewajiban. Hak merupakan kekayaan atau aktiva atau asset. Hak ini ada karena telah timbul kewajiban. Konsep akuntansi menghendaki keseimbangan antara hak dan kewajiban. Oleh karena itu setiap pertambahan kewajiban bank, harus diikuti peningkatan hak atau asset. Secara umum persamaannya adalah:
1.       Hak               : kewajiban
2.       Aktiva          : pasiva
Kewajiban bank terdiri dari kewajiban terhadap pihak eksternal dan kewajiban terhadap pihak internal. Kewajiban kepada pihak eksternal adalah kewajiban kepada kreditor atau pemberi dana atau deposan. Sedangkan kewajiban terhadap internal adalah kewajiban kepada pemilik modal. Dengan demikian persamaan dapat diperluas menjadi:
Aktiva   =  hutang + modal
Bila bank melakukan aktivitas, akan memperoleh pendapatan dan mengeluarkan biaya. Selisih pendapatan dengan biaya merupakan laba bank.laba bank merupakan komponen modal bank. Untuk itu persamaannya menjadi:
Aktiva = hutang + modal + pendapatan – biaya
Atau
Aktiva + biaya = hutang + modal + pendapatan
Dengan persamaan dan penggambaran rekening buku besar, maka dapat disimpulkan bahwa:
a.        Setiap perteambahan aktiva akan didebet, dan pengurang aktiva akan dikredit.
b.       Setiap pertambahan biaya akan didebet, seitap pengurangan biaya akan dikredit.
c.        Setiap peningkatan utang akan dikredit dan setiap pengurangan/pelunasan hutang akan didebet.
d.        Setiap pertambahan modal akan dikredit dan penurunan modal akan didebet.
e.       Setiap pertambahan pendapatan bank akan dikredit dan setiap penurunan pendapatan akan didebet.

Aktiva bank misalnya berupa kas, giro BI, penempatan pada bank lain, sekuritas jangka pendek, kredit yang diberikan, penyeraan dan aktiva tetap. Hutang bank misalnya giro nasabah, tabungan, deposito, pinjaman diterima, sedangkan modal berupa modal disetor maupun laba ditahan. Untuk pendapatan bank bias berupa pendapatan bunga dan pendapatan lainnya. Sedangkan biaya bank berupa biaya bunga dan biaya lainnya.

SUMBER : http://id.wikipedia.org/wiki/Persamaan_akuntansi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar